Tuesday, September 14, 2021

10 Juta Orang Diprediksi Akan Mati Akibat Perubahan Iklim, Pertemuan PPB di Glasgow Jadi Penentu

PBB memperingatkan perubahan iklim yang memburuk di seluruh dunia yang harus segera ditangani. /REUTERS/Mike Hutchings


Jelang pertemuan perubahan Iklim PBB di Glasgow pada bulan November, sejumlah pihak prediksi jika hasil pertanian akan turun hingga menyebabkan kematian hingga 10 juta orang. 

Saat ini dunia tengah mewanti-wanti peristiwa perubahan iklim akibat emisi gas rumah kaca yang terus mengalami peningkatan. 

Perubahan iklim yang bisa membunuh jutaan umat manusia ini, bahkan menjadi topik hangat PBB yang akan melakukan pertemuan membahas perubahan iklim di Glasgow pada bulan November mendatang. 

Salah satu hal yang ditakuti adalah, jika seandainya para pemimpin dunia gagal menyepakati pengurangan signifikan emisi gas rumah kaca pada 2030.

Hal ini menurut lembaga pemikir urusan internasional Chatham House, bahwa pertanian bisa turun tiga puluh persen pada tahun 2050.

Bahkan ketika jumlah makanan yang dibutuhkan oleh populasi, yang tumbuh diperkirakan meningkat lima puluh persen. 

Jelang COP26 (Climate Change Conference of the Parties) pemerintah menegaskan jika dampak parah dari perubahan iklim akan terjadi pada tahun 2040 kecuali jika hal tersebut ditekan oleh seluruh dunia sebelum tahun 2030.

Laporan lain menambahkan jika tahun 2030 lebih dari 400 juta orang tidak dapat bekerja di luar negeri, sementara sepuluh juta kematian diprediksi terjadi karena stres panas. 

Pada tahun 2040, para peneliti mengatakan hampir 700 juta orang setiap tahun mungkin akan terkena kekeringan parah.

Ini akan berlangsung setidaknya enam bulan dan pada tahun 2050, lebih dari tujuh puluh orang di setiap wilayah di dunia  mungkin akan mengalami gelombang panas.

Saat ini dunia juga berada jauh dari prediksi target jalur untuk pemanasan dimana seharusnya hanya 1,5 derajat Celsius kini mencapai 2,7 derajat celcius. 

Ketakutan pemerintah selanjutnya yaitu debit air yang akan meningkat, hingga mengakibatkan banjir dan membuat hampir 200 juta orang di seluruh dunia akan hidup di bawah tingkat banjir.***

Sumber: https://jurnalpalopo.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-432595031/10-juta-orang-diprediksi-akan-mati-akibat-perubahan-iklim-pertemuan-ppb-di-glasgow-jadi-penentu?page=2

No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...