Wednesday, September 15, 2021

6 Penjara Ini Berkonsep Modern dan Ramah Lingkungan

Storstrøm, salah satu penjara yang mengusung desain modern dan ramah lingkungan(Torben Eskerod/Archdaily)



Desain modern dan aspek ramah lingkungan tidak hanya berlaku pada hunian pada umumnya, melainkan juga bangunan penjara.

Para arsitek dunia tengah serius berupaya menghadirkan aspek modern dan ramah lingkungan pada penjara. Agar menyuguhkan nuansa manusiawi bagi para tahanan.

Sejumlah bangunan penjara dengan spesifikasi tersebut telah bermunculan di berbagai belahan dunia. Berikut ini sejumlah daftarnya sebagaimana dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Penjara Storstrøm

Penjara yang berlokasi di Denmark ini didesain untuk menciptakan penjara dengan keamanan tinggi paling manusiawi di dunia, yang berkontribusi pada rehabilitasi sosial melalui arsitektur yang mendukung kesejahteraan mental dan fisik narapidana.

Bangunan penjara laiknya membentuk sebuah komunitas perkotaan kecil. Teradapat jalan, alun-alun, tempat olahraga, hingga tempat beribadah. Sehingga para tahanan bebas mengakses dan bersosialisasi.

Para narapidana bisa melihat pemandangan hijau di sekitarnya dari ruang tahanan. Setiap sel juga memiliki aliran cahaya matahari.

Didukung fasilitas seperti tempat tidur, mja, kursi, lemari pakaian, lemari es, televisi hingga penerangan.

2. Penjara Tabbalen 4 Stockholm

Tabellen 4 merupakan bangunan penjara di Stockholm, Swedia. Bangunannya didesain ramah lingkungan dan hemat energi.

Seperti halnya penghijauan atap dengan rumput dan tumbuhan, sistem ventilasi yang mendaur ulang panas udara, serta ruang pembuangan limbah dengan delapan jenis limbah.

Bangunan Tabbalen 4 juga dilengkapi fasad dengan 6.000 meter persegi, kaca isolasi untuk pengaturan suhu, lemari es hemat energi, dan pencahayaan LED.

Selanjutnya di dapur, semua sisa makanan diubah menjadi biogas. Bahkan 12 persen makanan yang ditawarkan ialah organik dan setidaknya ada dua kali makanan vegetarian per minggu.

3. Penjara Bastoey

Penjara Bastoey adalah penjara ekologi pertama di dunia yang bertempat di Norwegia. Ditata seperti komunitas lokal kecil dengan sekitar 80 bangunan, jalan, zona pantai, lanskap budaya, lapangan sepak bola, lahan pertanian dan hutan.

Selain fungsi penjara, ada toko, perpustakaan, kantor informasi, layanan kesehatan, gereja, sekolah, dermaga, layanan penyeberangan dan mercusuar dengan fasilitas untuk membiarkan pertemuan kecil serta seminar.

Di sisi lain, penjara Bastoey menggunakan api kayu dan panel surya untuk keperluan memasak.

Selain itu, menyediakan makanan sehat bagi para tahanan tanpa pupuk buatan, bahan kimia, dan insektisida.

4. Penjara Halden

Penjara ini memiliki desain modern dan dikelilingi banyak tanaman hijau serta cahaya alami yang berlimpah. Sehingga, Halden disebut sebagai penjara paling manusiawi di dunia.

Setiap narapidana menikmati tempat yang nyaman dengan privasi relatif. Disana terdapat kelas pengembangan keterampilan, ruang rekreasi yang diisi dengan acara TV, film dan video game, pusat kebugaran yang lengkap dan fasilitas rekaman musik.

Halden memang sengaja didesain untuk rehabilitasi tahanan dan menerapkan simulasi kehidupan seperti di luar penjara.

5. Roy McMurtry Youth Centre

Penjara remaja ini berlokasi di Brampton, Kanada. Roy McMurtry Youth Centre disusun dengan cerdas, menampung hingga 192 pelanggar muda pria dan wanita.

Bangunan pusatnya terletak di tengah tanaman hijau dan areal pertamanan. Konstruksinya dirancang untuk memenuhi akreditasi LEED Silver sebagai standar bangunan ramah lingkungan.

Selain tanaman dan taman, juga fitur berkelanjutan seperti penggunaan pencahayaan alami untuk membantu menekan penggunaan energi.

6. Penjara Coyote Ridge

Penjara Coyote Ridge adalah salah satu penjara terbesar di Amerika Serikat. Terletak di Washington DC, penjara ini memiliki hampir 21 bangunan, 2.048 ranjang.

Desain penjara ini terbilang cukup modern. Namun, yang paling menonjol yakni konsep ramah lingkungan.

Sebab, sebagian besar bertujuan menghemat energi dengan menggunakan sistem ventilasi sumber daya, boiler hemat energi serta jendela tipis untuk menjaga penjara tetap dingin dan memanfaatkan udara di musim panas untuk menghemat daya.

Sumber: https://www.kompas.com/properti/read/2021/09/14/150000221/6-penjara-ini-berkonsep-modern-dan-ramah-lingkungan?page=all

 

No comments:

Post a Comment

What is Solar Power?

  Apa itu sel surya, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tenaga surya - dan pelajari bagaimana sumb...