Wednesday, September 15, 2021

8 Cara Menghemat Listrik di Rumah yang Wajib Anda Jadikan Kebiasaan Sehari-hari

Ilustrasi hemat listrik. (pixabay.com/pexels)


Terdapat banyak hal kecil dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghembat listrik, uang tagihan, dan melestarikan bumi pada saat yang bersamaan. Semakin banyak ornag mulai peduli dengan berbagai cara menghemat listrik. Semua cara berawal dari memanfaatkan listrik di rumah dengan sebaik-baiknya.

Jangan lewatkan cara menghemat listrik di rumah mulai hari ini juga seperti dilansir dari laman Endesa, Rabu (15/9/2021).

1. Kontrol Suhu yang Optimal

Kamu bisa memulai dengan menyesuaikan suhu di dalam rumah sesuai dengan kebutuhan. Caranya dengan thermostat  dapat dirogram untuk menghasilkan penghematan cukup besar dalam tagihan listrik.

Kamu bisa menyesuaikan suhu ruangan di rumah yang cukup membuat merasa nyaman. Jika udara di rumah terlalu dingin, lebih baik kenakan pakaian lebih tebal daripada menaikkan suhu ruangan beberapa derajat.

2. Manfaatkan Sinar Matahari

Ungkapan populer “last but not least” sangat cocok di sini. Kamu bisa melakukan cara menghemat listrik di rumah hanya dengan mengubah beberapa kebiasaan sehari-hari. Seperti satu cara jitu ini dalam memanfaatkan sumber cahaya matahari yang tidak ada habisnya ini.

Misalnya dengan menempatkan meja belajar di dekat jendela untuk mendapat cahaya alami. Kamu juga bisa meletakkan cermin di dalam rumah yang memantulkan cahaya untuk memanfaatkan sinar matahari secara maksimal.

3. Pilih Peralatan RUmah Tangga yang Efisien

Menggunakan peralatan rumah tangga secara efisien adalah kunci untuk menghemat listrik di rumah. Jika kamu perlu mengganti peralatan rumah tangga, pilihlah yang berlabel energi paling efisien, seperti A+, A++ atau A+++.

Meski lebih mahal, dalam jangka panjang kamu akan menghemat banyak listrik. Sehingga pada akhir masa pakainya, harga tagihan listriknya lebih murah dibanding peralatan rumah tangga yang lebih murah.

4. Matikan Lampu saat Meninggalkan Ruangan

Jangan pernah lupa mematikan lampu saat kamu meninggalkan ruangan, kamar mandi, atau dapur. Hal ini bisa menghemat listrik dan mudah dilakukan. Tentu saat keluar rumah, pastikan semua lampu sudah dimatikan.

5. Hindari Peralatan Elektronik dengan Standby Switch

Tahukah kamu jika standby switch atau shutdown palsu bisa mencapai 10% dari konsumsi listrik sepanjang waktu? Ingat bahwa TV, computer, pengisi daya ponsel, pemanas air bahkan AC benar-benar membakar energi listri jika terus dicolokkan.

Usahakan agar jumlah perangkat elektronik yang selalu dicolokkan seminimal mungkin jika kamu ingin menghemat lsitrik di rumah dan tagihan listrik lebih sedikit.

6. Gunakan Bola Lampu Konsumsi Rendah

Gunakan bola lampu konsumsi rendah sebagai cara terbaik untuk menghemat listrik dibandingkan bola lampu tradisonal atau pijar. Bola lampu rendah listrik ini akan bertahan lebih lama dan lebih banyak energi yang dihemat, seperti bohlam CFL 50% lebih hemat dan pencahayaan LED lebih hemat 80%.

7. Sesuaikan Daya Listrik dengan Kebutuhan

Tagihan listrik bulanan yang kamu bayar adalah sesuai apa yang kamu gunakan. Biaya yang meningkat karena peningkatan jumlah KW yang kamu gunakan. Memasang daya listrik terlalu tinggi adalah pengeluaran yang tidak perlu dan dari sinilah kamu bisa memulai menghemat listrik di rumah. Bagaimana caranya?

Daya adalah jumlah kilowatt (kw) yang kamu peroleh dari jaringan listrik secara bersamaan. Jika kamu belum pernah membuat sekring kroslet, atau menggunakan pemanas, kompor listrik dan mesin cuci pada saat yang sama, maka ada margin bagi kamu untuk mengurangi daya listriknya.

8. Memperhatikan Waktu Penggunaan Listrik

Mengonsumsi listrik di luar jam sibuk, saat listrik ada pada titik terendah, merupakan salah satu sumber penghematan yang akan membantumu mengurangi biaya. Ini sebagai cara terbaik untuk memaksimalkan penggunaan listrik hingga sepertiganya.

Itulah beberapa kebiasaan sederhana sebagai cara menghemat listrik di rumah yang bisa menyelamatkan tagihan listrik dan juga kelestarian bumi. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.suara.com/lifestyle/2021/09/15/170420/8-cara-menghemat-listrik-di-rumah-yang-wajib-anda-jadikan-kebiasaan-sehari-hari

No comments:

Post a Comment

What is Solar Power?

  Apa itu sel surya, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tenaga surya - dan pelajari bagaimana sumb...