Monday, September 20, 2021

Bangun Rumah & Gedung Baru Wajib Ada Charger Mobil Listrik

 

Ilustrasi charger kendaraan listrik. Medcom.id/Ekawan Raharja



London: Indonesia sekarang ini sedang mendorong masyarakat untuk beralih ke mobil listrik agar lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Demi mendukung pengembangan ekosistem mobil listrik, Pemerintah bisa meniru peraturan yang diterapkan oleh Inggris.
 
Pemerintah di sana menerapkan peraturan baru untuk mendukung pengembangan populasi mobil listrik. Setiap pembangunan rumah dan gedung perkantoran baru diwajibkan memiliki fasilitas pengecasan baterai mobil listrik.
 
Inggris kemudian menjadi negara pertama yang mewajibkan semua rumah baru memiliki pengisian daya baterai mobil listrik. Tentu saja diharapkan dengan adanya ini bakal meningkatkan kepercayaan diri masyarakat dan Pemerintah Inggris untuk migrasi ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.
 
Dalam Undang-Undang yang diberlakukan, semua rumah dan kantor baru di Inggris harus memiliki perangkat pengisian daya pintar yang dapat mengisi daya kendaraan secara otomatis selama periode tidak sibuk. Khusus untuk kantor baru juga wajib memasang titik pengisian daya kendaraan listrik untuk setiap lima tempat parkir.
 
Langkah ini harus mereka ambil karena Negeri Ratu Elizabeth II akan memberlakukan larangan mobil konvensional tahun 2030. Sehingga diharapkan peraturan baru ini sudah bisa mulai dipatuhi pada awal tahun 2022.

"Pengisian daya fleksibel di rumah dan di tempat kerja pada siang hari akan menjadi sangat penting untuk mendekarbonisasi tidak hanya transportasi tetapi juga seluruh sistem energi Inggris. Seperti efisiensi energi yang lebih baik, pemanas listrik dan tenaga surya pada 13,5 juta rumah - kami berharap untuk melihat semua ini sebagai bagian dari rencana untuk rumah baru juga." kata CEO Good Energy, Nigel Pocklington, dikutip dari Electrec.
 
Bahkan demi meyakinkan masyarakat agar penggunaan mobil listrik lebih hemat energi, Pemerintah Inggris mengembangkan aplikasi di ponsel pintar yang diberi nama EV8 Switch. Aplikasi itu berfungsi untuk menghitung jumlah uang yang dapat dihemat pengendara Inggris dengan beralih ke kendaraan listrik. Ada juga perincian tentang pengurangan emisi CO2 dan peningkatan kualitas udara yang dapat dilakukan dengan beralih ke kendaraan listrik.
 
Untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik, Pemerintah Inggris akan menambah dana GBP50 juta (poundsterling)  atau sekitar Rp 987 miliaran untuk pemasangan titik pengisian mobil listrik. Inggris menargetkan, satu dari tujuh mobil yang dijual adalah kendaraan elektrifikasi plug-in hybrid dan mobil listrik berbasis baterai.

Sumber : https://www.medcom.id/otomotif/mobil/GKdJAyAb-bangun-rumah-gedung-baru-wajib-ada-charger-mobil-listrik

No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...