Monday, September 13, 2021

Akibat Perubahan Iklim, Bencana Terkait Cuaca Naik Tajam

Unsplash.com/Jonathan Ford

Jakarta - Badan Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan bahwa bencana alam yang terkait dengan cuaca di seluruh dunia naik lima kali lipat dalam 50 tahun terakhir. Namun, meskipun begitu, korban jiwa akibat badai, banjir, dan kekeringan turun secara tajam.
 
Menurut para ilmuwan, walaupun bencana akibat cuaca yang lebih ekstrem mengalami kenaikan, pelaporan dan perbaikan sistem peringatan membantu mengurangi angka kematian.
 
Dalam 50 tahun, antara tahun 1970 dan 2019, terdapat lebih dari 11.000 bencana terkait cuaca. Hal ini berdasarkan pemetaan terbaru dari WMO yang mendata skala seluruh peristiwa ekstrem yang terjadi.
 
Lebih dari dua juta orang meninggal dunia karena bencana alam yang diakibatkan oleh perubahan iklim. Selain itu, kerugian ekonomi karena bencana alam ini pun mencapai US$ 46 triliun atau setara dengan Rp 51.000 triliun.
 
“Jumlah bencana akibat cuaca ektrem akan terus naik, akan lebih sering terjadi, dan akan lebih parah di banyak bagian di dunia karena perubahan iklim,” tutur Prof. Petteri Taalas, Sekretaris Jenderal WMO, dilansir dari BBC, Minggu (12/9).
 
Menurutnya, berarti akan ada lebih banyak gelombang panas, bencana kekeringan, dan juga kebakaran hutan yang akhir-akhir ini kita lihat di negara-negara Eropa dan Amerika Utara.
 
“Ada banyak uap air di atmosfer yang memperburuk curah hujan ekstrem juga banjir bandang. Pemanasan suhu lautan telah mempengaruhi frekuensi dan area terjadinya badai tropis yang intens,” imbuhnya.
 
Bencana yang terkait dengan cuaca ini akan sangat berdampak bagi negara-negara berkembang. Lebih dari 90 persen kematian yang terkait dengan bencana cuaca berada di negara berkembang. 
 
Korban tewas terbanyak akibat bencana banjir merenggut 650.000 nyawa. Sementara itu, korban paling sedikit akibat cuaca ekstrem merenggut hampir 56.000 jiwa.(awy/ito)

Sumber : https://www.tvonenews.com/lifestyle/6443-akibat-perubahan-iklim-bencana-terkait-cuaca-naik-tajam

No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...