Thursday, September 23, 2021

Cara Sederhana Menyayangi Bumi


 

Global warming atau pemanasan global telah lama menjadi isu di seluruh dunia. Pemanasan global merupakan fenomena meningkatnya suhu rata-rata pada atmosfer, lautan, serta hal-hal yang ada di bumi secara menyeluruh. Pemanasan global terjadi karena peningkatan suhu permukaan bumi oleh gas emisi karbondioksida yang berasal dari aktivitas manusia. Semakin hari suhu bumi semakin panas dan menyebabkan banyaknya kejadian kebakaran hutan, banjir, peningkatan frekuensi hujan dan angin topan. Jika pemanasan terus berlangsung, bukan tak mungkin seluruh es di kutub akan mencair menyebabkan naiknya air laut, menenggelamkan daratan dan akhirnya berimbas pada keberlangsungan hidup manusia.

Kita harus menyadari bahwa dibutuhkan langkah nyata untuk mengatasi pemanasan global sehingga dapat memberikan dampak berarti untuk dunia. Salah satu bentuk menyayangi bumi adalah dengan melakukan penghematan energi yang kita gunakan setiap hari. Apa saja cara sederhana menyayangi bumi yang bisa kita lakukan? Berikut ini cara mudahnya:

1. Hemat listrik
Sehari-hari kita tidak lepas dari pemakaian listrik, mulai dari pencahayaan ruangan, menyalakan mesin elektronik, sampai yang paling sering adalah untuk mengisi ulang handphone dan laptop. Sekitar 60% emisi gas rumah kaca disebabkan karena penggunaan energi masif dan tidak ramah lingkungan. Maka dari itu penting sekali untuk menghemat listrik sebagai bentuk menghemat energi.
Untuk menghemat konsumsi listrik, kita bisa mengganti lampu pijar dengan lampu LED (Light Emitting Diode) karena konsumsi daya lampu LED lebih kecil dan hemat 80% dibandingkan lampu pijar.
Menghemat listrik yang paling mudah adalah dengan membiasakan diri mematikan lampu atau aliran listrik lainnya jika tidak digunakan misalnya saat kita tidur. Saat tidur sebaiknya lampu kamar dimatikan, selain menghemat listrik, tidur dalam kondisi gelap akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Bonus yang kita dapat adalah berkurangnya tagihan listrik kita, artinya kita bisa berhemat pengeluaran bulanan.

2. Jalan kaki dan bersepeda
Hidup di zaman modern ini semua serba ada dan serba mudah, bepergian semakin mudah dengan kendaraan apalagi dengan munculnya transportasi online. Dibalik kemudahan tersebut sebenarnya justru meningkatkan polusi udara yang dapat membuat bumi semakin panas. Karbondioksida yang dihasilkan dari kendaraan bermotor memberikan dampak buruk bagi kesehatan antara lain memicu gangguan pernapasan serta meningkatkan risiko kanker.
Sekedar ke warung tetangga atau ke minimarket kita tidak perlu menggunakan kendaraan bermotor, cukup dengan jalan kaki atau bersepeda kita sudah bisa membantu mengurangi polusi. Berjalan kaki atau bersepeda juga memiliki manfaat yang menyehatkan bagi tubuh, salah satunya dapat menurunkan berat badan. Semakin banyak orang yang berjalan kaki atau bersepeda, semakin banyak pula efisiensi energi yang sangat baik bagi lingkungan.

3. Kurangi plastik
Hampir seluruh aktivitas kita selalu melibatkan plastik. Penggunaan plastik sebagai pembungkus atau wadah makanan dan belanjaan menjadi yang paling sering menyumbang sampah plastik. Butuh waktu bertahun-tahun agar plastik dapat hancur dan terurai dengan sendirinya. Sampah plastik akan menjadi polusi bagi tanah karena terkena zat kimia yang terdapat dalam bahan plastik. Dampak lainnya adalah mengganggu habitat dan kesehatan hewan karena hewan bisa secara tidak sengaja mengkonsumsi plastik yang bisa menyebabkan keracunan dan kematian.

Beberapa cara sederhana dalam mengurangi sampah plastik adalah dengan selalu membawa kantung belanja sendiri yang ramah lingkungan dan bisa digunakan berulang kali.
Selain membawa kantung belanja sendiri, ada baiknya kita selalu membawa peralatan makan dan botol minum yang dapat digunakan kembali untuk menghindari membeli peralatan makan dan minum berbahan plastik sekali pakai.

Saat memesan minum, kita juga dapat menolak atau memilih untuk tidak menggunakan sedotan jika tidak benar – benar dibutuhkan. Cara sederhana ini dapat efektif untuk mengurangi sampah plastik sedotan.

Itulah cara sederhana yang harus kita jadikan kebiasaan dalam keseharian kita demi kesehatan bumi dimana kita hidup. Perubahan yang paling mudah dimulai dari diri sendiri. Mari kita tumbuhkan inisiatif dan disiplin masing-masing. Ajaklah teman-teman dan keluarga untuk menerapkan kebiasaan ini sehari-hari, demi menjaga lingkungan hidup kita dan masa depan bersama. Mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang.

Sumber: https://tangerangonline.id/2021/09/23/cara-sederhana-menyayangi-bumi/

No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...