Thursday, September 30, 2021

GE Indonesia dorong perkembangan energi terbarukan

 

ILUSTRASI. General Electric

Dalam rangka menggerakkan penggunaan energi baru terbarukan, General Electric (GE) Indonesia, bekerja sama dengan Society of Renewable Energy (SRE), menggelar GE Youth Idea Competition yang merupakan program edukasi dan kompetisi dalam EBT untuk mahasiswa Indonesia.

Handry Satriago, CEO GE Indonesia mengatakan Indonesia telah menunjukkan komitmen besar dalam penggunaan energi terbarukan dan berkelanjutan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

"Dan GE pada saat ini menyediakan teknologi yang meliputi 20% kapasitas energi terbarukan dunia, sehingga kami memahami bahwa teknologi kelas dunia diperlukan. Namun yang juga penting adalah kita semua membantu mengembangkan generasi masa depan, talenta-talenta di Indonesia untuk menggerakkan agenda energi terbarukan. Kami berkontribusi sesuai kapasitas kami terhadap upaya-upaya tersebut,” kata Handry dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Kamis (30/9).

Pendiri SRE, Zagy Yakana Berian mengatakan bahwa peran GE Indonesia sangat memperkaya program ini karena peserta mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai sektor energi terbarukan.

“Kami belajar banyak tentang teknologi dan pengalaman GE mengenai energi terbarukan, dan kami berharap ide-ide kami akan membuka inovasi baru dan kesempatan-kesempatan untuk mendukung program pemerintah dalam transisi energi,” tambah Zagy.

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan bahwa 23% energi yang digunakan di Indonesia akan berasal dari sumber-sumber energi yang terbarukan pada tahun 2025 dengan pengurangan emisi gas-gas rumah kaca hingga 29% pada tahun 2030.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Dadan Kusdiana menambahkan, ketersediaan sumber daya manusia yang unggul dibutuhkan untuk mendukung proses transisi energi Indonesia dalam rangka dekarbonisasi atau carbon-netral.

“Pemerintah mengharapkan Indonesia sudah mewujudkan dekarbonisasi pada 2060 atau lebih cepat. Batubara nanti akan digantikan oleh Energi Baru Terbarukan. Dalam dua hingga tiga tahun ke depan kita harus memastikan terjadi proses transisi energi,” kata Dadan Kusdiana.

Sekadar informasi saja, GE Youth Idea Competition merupakan program edukasi dan kompetisi dalam energi baru terbarukan untuk mahasiswa Indonesia. Program ini terdiri dari dua kegiatan, seri webinar online dan kompetisi whitepaper.

Rangkaian seminar online dan kompetisi digelar sejak Mei 2021 hingga Agustus lalu. Acara ini berfokus pada energi baru terbarukan dengan berbagai topik relevan tentang produksi dan penyimpanan energi, transformasi digital, kebijakan publik dan sosial, serta ekonomi dan keuangan.

Whitepaper dari tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang berjudul ‘Inovasi Sistem Minigrid Hibrida Biomassa Sekam Padi dan Energi Surya untuk Mendukung Dekarbonisasi dan Elektrifikasi pada Sektor Pertanian’ terpilih sebagai pemenang dari lebih dari 100 tim mahasiswa yang ikut berpartisipasi.

Pemenang kedua adalah tim dari Universitas Gadjah Mada, sedangkan yang meraih posisi ketiga adalah tim dari Politeknik Negeri Semarang. Selain itu, 10 tim finalis mendapatkan kesempatan mentoring intensif dengan pimpinan-pimpinan senior GE Indonesia.

Sumber: https://industri.kontan.co.id/news/ge-indonesia-dorong-perkembangan-energi-terbarukan

No comments:

Post a Comment

What is Solar Power?

  Apa itu sel surya, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tenaga surya - dan pelajari bagaimana sumb...