Wednesday, September 29, 2021

Harjad Banjarmasin ke 495, Lurah Diberi Motor Listrik

 

Hari Jadi Kota Banjarmasin yang ke 495, Pemko Banjarmasin, menerapkan Green Transport, dengan menyediakan sebanyak 52 sepeda motor listrik untuk seluruh lurah di Banjarmasin.

Penyerahan motor listrik kepada 52 lurah di Banjarmasin ini, diserahkan langsung Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, di Lobby Balaikota Banjarmasin.

Pengadaan motor listrik tersebut dikatakan Ibnu sebagai upaya mendukung program hemat energi dari pemerintah agar mengurangi emisi karbon.

“Tentunya ini mendukung program Banjarmasin yang ramah lingkungan, dan sesuai program nomor 7 sustainable development goals (SDGs), terkait dengan energi hijau,” katanya.

Selain itu, penyerahan motor listrik secara simbolis itu juga mengapresiasi kinerja lurah dalam melaksanakan tugas.

“Jadi sehari-hari sambil mensosialisasikan juga tentang energi ramah lingkungan kepada masyarakat,” terangnya.

Selain itu, Ibnu Sina juga menyampaikan bahwa dalam menunjang kebutuhan listrik pada motor tersebut, Pemko Banjarmasin bekerjasama dengan PT PLN, untuk membangun stasiun pengisian listrik (SPL) di 5 kecamatan di Banjarmasin.

“Tiap kantor kecamatan itu 1 SPL, serta 1 nanti di Balai Kota. Karena kalau charge dirumah itu perlu waktu sekitar 5 jam sampai full. Tapi kalau di SPL, itu hanya 1 jam sudah full,” ujar Ibnu.

Ia juga menjelaskan, sekali full motor listrik tersebut bisa menempuh jarak sampai 200 kilometer. Tentunya hal itu, sangat hemat energi.

“Biaya harian dan bulanan jadi sangat murah. Kalau mobil saja misalnya pajaknya sampai jutaan, kalau ini, ratusan ribu saja,” tandasnya.(fachrul)

Sumber: https://klikkalsel.com/harjad-banjarmasin-ke-495-lurah-diberi-motor-listrik/

No comments:

Post a Comment

What is Solar Power?

  Apa itu sel surya, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tenaga surya - dan pelajari bagaimana sumb...