Friday, September 10, 2021

ICT for Climate Change: Gunakan Cloud

 Setelah sebelumnya kita membahas bagaimana kita mendukung pengurangan dampak perubahan iklim di lingkungan kantor, sekarang kita akan masuk lebih dalam lagi, yaitu menggunakan cloud

Cloud computing adalah kumpulan server dan aplikasi yang bisa digunakan secara bersama-sama, baik dalam lingkup publik (public cloud), lingkungan perusahaan atau instansi tertentu (private cloud). 

Nah, bagi anda yang ingin mendukung dan mengurangi dampak climate change, silahkan gunakan cloud, mengapa ?

Pertama, cloud menghemat energi terkait data center. Apapun usaha anda, semua akan berlabuh ke pusat data (data center), dan ini biasanya ada di tempat anda sendiri, di kantor. Dengan memindahkan semua penyimpanan data ke cloud, maka anda tidak harus mengelola data center dan otomatis menghemat energi.

Kedua, cloud menghemat biaya. Karena infrastruktur cloud data center digunakan oleh banyak perusahaan, maka tentu biaya untuk investasi perangkat dan data center, termasuk pengelolaannya bisa disharing bersama. Maka jelas lebih hemat dari sisi biaya operasional perusahaan. Investasi data center tidak ada, dan cukup bayar bulanan atau tahunan untuk biaya ini.

Ketiga, aplikasi berbasis cloud. Ini yang masih tantangan untuk Indonesia, karena kita sebagian besar terbiasa aplikasinya ada di komputer, laptop kita, padahal semua aplikasi sekarang mengarah ke cloud, dan kita tinggal sewa. Namanya Software As A Service (SAAS). Seperti aplikasi office, sekarang bisa gunakan yang berbasis cloud, seperti Google Workspace, yang mengintegrasikan semua dalam satu platform. Microsoft juga demikian. Ada yang dipasang di laptop kita, tapi semua datanya disimpan di cloud. 

Maka semua ini membantu kita untuk menghemat energi, karena semua berbasis cloud dan biaya terjangkau. Tunggu apa lagi, siapkan diri anda untuk menggunakan cloud dan dapatkan berbagai keuntungannya. 

sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/61395f6b31a2876abb60b7e3/ict-for-climate-change-gunakan-cloud

No comments:

Post a Comment

What is Solar Power?

  Apa itu sel surya, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tenaga surya - dan pelajari bagaimana sumb...