Thursday, September 16, 2021

ICT for Climate Change: Gunakan Robot

Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp


ROBOT, apa yang pertamakali ada di pikiran anda waktu mendengar kata ini ? Mesin yang kaku, bekerja terus menerus, dan tidak kenal lelah. Ada benarnya.

Apa lagi ? Robot akan gantikan manusia. 

Ya, itu yang banyak dibicarakan orang saat ini. Dalam dunia industri 1.0 hingga 2.0, peran manusia dalam dunia industri sangat besar, dan hampir tidak tergantikan. Tapi waktu masuk industri 3.0 beberapa tahun lalu, dan sekarang industri 4.0, maka peran robot yang akan lebih besar. 

Mengapa ? Karena memang robot bisa bekerja secara konsisten, terus menerus, tidak kenal lelah, dan presisi, lebih tepat daripada manusia. 

 Lalu mengapa penggunaan robot justru bisa menekan perubahan iklim ? Karena robot akan menggantikan jutaan manusia yang bergerak dari rumahnya ke kantor dan pabrik setiap hari nya. Ya, bisa saja, ini salah satu faktornya. Pergerakan manusia dalam jumlah besar, dari satu tempat ke tempat lain memang menimbulkan penggunaan karbon. Dan ini faktor terbesar yang menyebabkan perubahan iklim. 

Kemana manusia setelah digantikan robot ?

Tidak semua pekerjaan bisa digantikan oleh robot, mesin, apapun itu yang berjalan secara otomatis. Robot akan bisa dan sangat tepat untuk mengerjakan pekerjaan yang perlu berpikir di bawah 5 detik, inilah pekerjaan yang perlu robot. 

Berikutnya, pekerjaan yang rutin, terus menerus, dalam level yang sama, inilah juga pekerjaan yang perlu robot. 

Lain dari itu, tetap perlu manusia dalam berbagai pekerjaan. 

Penggunaan robot juga perlu listrik, dan otomatis perlu power. Ya , memang. Tapi robot juga bisa didesain semakin efisien. Dari waktu ke waktu, mesin-mesin produksi semakin efisien dalam penggunaan daya nya. Dan banyak pabrik juga telah memikirkan penggunaan energi terbarukan. 

Semua akan mengarah ke efisiensi, dan penggunaan robot memang tidak terhindarkan. Anda sudah siap ? Segera kuasai skill baru, yang robot tidak bisa kerjakan. Itu kata kuncinya.

 Sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/614291d401019043101c06b2/ict-for-climate-change-gunakan-robot

No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...