Monday, September 13, 2021

KEK JIIPE, AKRA Siap Investasi Solar Panel Kurang dari USD1 Juta

Foto: Dok. JIIPE



Jakarta: PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) sedang melakukan perencanaan guna pembangunan solar panel di kawasan industri terpadu kawasan ekonomi khusus (KEK) Java Integrated Industrial Port and Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur. Hal ini menjadi salah satu proges pengembangan investasi yang sedang dilakukan di kawasan industri tersebut.
 
"Saat ini kami membangun solar panel itu dengan nilai investasinya hanya kurang dari USD1 juta," ujar Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk Haryanto Adikoesoemo.
 
Investasi untuk pengembangan KEK JIIPE Gresik tidak hanya itu saja. Menurut Haryanto, saat ini pihaknya sedangan melakukan feasibility study terhadap pembangunan Liquid Natural Gas (LNG) Terminal. Diperkirakan biaya investasinya bisa menelan ratusan juta USD.


"Kami belum menentukan dengan pasti jumlah investasi. Tapi kami percaya ke depan, dengan penjualan tanah di JIIPE maupun tenant yang sudah ada, kami dapat membiayai semua investasi ini melalui cashflow, maupun pinjaman bank ke depannya," ujar Haryanto.
 
Lebih lanjut, Haryanto menjelaskan, KEK JIIPE Gresik akan berfokus pada pengembangan industri yang berorientasi ekspor dan substitusi impor. Dengan sejumlah fasilitas teknologi yang dimiliki, dia yakin akan banyak banyak menarik minat para investor.
 
"Kami percaya dengan fasilitas KEK dan utilitas logistk dapat menarik minat banyak industri. Seperti industri kimia, metal, elektronik, farmasi, dan bahan modal," ujarnya.
 
KEK JIIPE merupakan kawasan terpadu pertama di Indonesia, dengan luas total 3 ribu hektare. KEK JIIPE terdiri atas kawasan industri, pelabuhan multiguna, pusat logistik, kawasan berikat, kawasan rekreasi, kawasan komersial, dan kota residensial.
 
Sejumlah perusahaan telah menjadi tenant di KEK- JIIPE, termasuk PT Freeport Indonesia yang akan mengembangkan smelter berkapasitas 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.
 
AKR berhak mengembangkan captive power plant hingga 515 MW di JIIPE.  Saat ini, KEK JIIPE mengoperasikan pembangkit listrik berbahan bakar gas 23 MW untuk memenuhi kebutuhan para penyewa.
 
"Kami melihat potensi besar untuk mengembangkan panel surya di atap, panel surya di darat, dan di badan air di JIIPE karena kami memiliki kawasan industri yang sangat besar,” ujarnya.
 
Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama PT Pelindo III Boy Robyanto menjelaskan KEK JIIPE Gresik akan dikembangkan menjadi lokasi yang aksesibel dan terintegrasi dengan infrastruktur. Hal ini dapat menunjang pengembangan industri dan teknologi yang berorientasi ekspor dan substitusi impor.
 
"Pengembangan sektor industri dan teknologi meliputi industri berteknologi tinggi (high tech products/HTP), serta industri metal, industri elektronik pionir dan orientasi ekspor, industri kimia, industri energi dan logistik," kata Boy.


Sumber : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/nbwXRGJk-kek-jiipe-akra-siap-investasi-solar-panel-kurang-dari-usd1-juta


No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...