Thursday, September 30, 2021

Krisis Energi Inggris Bisa Berdampak pada Inflasi Indonesia, Ini Penjelasan Ekonom

Kelangkaan pasokan energi di Inggris akan mempengaruhi perekonomian indonesia khususnya terjadi inflasi dan berbagai penurunan jumlah ekspor serta impor.

Kelangkaan pasokan energi di Inggris akan mempengaruhi perekonomian indonesia yaitu inflasi dan berbagai penurunan jumlah ekspor serta impor. (Foto: MNC)


Pengamat ekonomi sekaligus Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira membeberkan dampak krisis energi yang melanda negara Inggris saat Ini.

Bhima menyebut krisis kelangkaan pasokan energi atau komoditas di Inggris akan mempengaruhi perekonomian indonesia khususnya terjadi inflasi dan berbagai penurunan jumlah ekspor dan impor dalam komoditas tertentu di negara Indonesia.

"Sebagai salah satu sinyal kedepan akan mengalami kenaikan dalam beberapa bulan mendatang, sehingga kita harus bersiap-siap pertama terhadap inflasi dan inflasi ini harus diantisipasi karena efek dari naiknya harga minyak kepada harga pangan kemudian harga kebutuhan pokok lainnya ini relatif ke sensitif," kata Bhima saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (29/9/2021).

Dengan demikian artinya harga minyak mentah mengalami kenaikan, kemudian harga BBM di dalam negeri disesuaikan maka imbasnya juga akan terasa kepada harga bahan makanan.

"Sementara pemulihan ekonomi pasca Covid-19 terjadi namun belum merata di seluruh kelompok, maka inflasi akan memukul kelas menengah bawah dan menciptakan penurunan daya beli yang signifikan dan membuat orang miskin semakin bertambah," tuturnya.

Bhima menyarankan hal yang kemudian juga yang perlu diantisipasi dampak dari krisis energi yang ada di Inggris ini akan memicu penurunan ekspor komoditas dari Indonesia.

"Ini berpengaruh pada komoditas ekspor karena dikhawatirkan adanya shutdown dari beberapa industri-industri penting yang ada di Inggris karena kelangkaan energi. ini harus diantisipasi juga dengan mencari pasar-pasar yang potensial di luar dari Inggris atau di luar dari negara yang sedang ancaman krisis energi nya itu meningkat," terang nya.

Kemudian bagi pemerintah Inggris telah melakukan berbagai cara untuk bisa menangani krisis tersebut.

"Ini sebenarnya momentum transis menuju energi terbarukan itu memang harus disiapkan sehingga ketika harga energi internasional yang meningkat yang berasal dari fosil maka ketergantungan ini bisa menciptakan krisis dan ini harus diatasi dengan masuk kepada solar panel kepada energi terbarukan dari air dari Kemudian dari sumber-sumber energi terbarukan lain dan jadi momentum emisi karbon,"tandasnya. (TIA)

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/krisis-energi-inggris-bisa-berdampak-pada-inflasi-indonesia-ini-penjelasan-ekonom

No comments:

Post a Comment

What is Solar Power?

  Apa itu sel surya, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tenaga surya - dan pelajari bagaimana sumb...