Tuesday, September 28, 2021

Pemerintah Siapkan Rencana Mengatasi Perubahan Iklim

Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Arifin Rudianto (Tangkapan layar Webinar “Transisi Energi Net Zero Emission”, Senin (27/9)).

Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Arifin Rudianto mengatakan bahwa harus ada upaya luar biasa dari seluruh negara untuk mengatasi perubahan iklim, termasuk Indonesia.

Pasalnya, PBB mengatakan bahwa pola pembangunan global saat ini sudah meningkatkan temperatur bumi hingga 3,1 derajat Celsius.

Hal itu disampaikan dalam Webinar “Transisi Energi Net Zero Emission” yang diselenggarakan Dewan Energi Nasional (DEN), Senin (27/9).

“Kita harus mengurangi emisi gas rumah kaca agar temperatur bumi dapat tetap terjaga dan hanya hanya meningkat 1,5 derajat Celsius saja pada 2050,” katanya.

Arifin menegaskan bahwa semua negara di dunia wajib berkontribusi untuk menangani perubahan iklim.

Namun, implementasi yang dilakukan tiap-tiap negara tak bisa dipukul rata.

“Tanggung jawab ini harus dilakukan dengan prinsip perbedaan tanggung jawab dari kemampuan tiap-tiap negara,” ungkapnya.

Lalu, bagaimana Indonesia merespons tantangan tersebut?

Menurut Arifin, pemerintah Indonesia melalui Bappenas sudah merancang pembangunan rendah karbon dan ketahanan iklim dalam RPJMN 2020-2024.

“Upaya itu membuat RPJMN 2020-2024 menjadi RPJMN hijau pertama di Indonesia yang secara eksplisit mengintegrasikan aspek lingkungan hidup sebagai bagian dalam prioritas nasional,” paparnya.

Arifin mengatakan bahwa hal tersebut merupakan batu loncatan dalam memenuhi komitmen pemerintah Indonesia untuk mengimplementasikan kebijakan hijau.

“Berbagai upaya penanganan iklim harus sesuai dengan kondisi dari setiap negara dan diintegrasikan dalam program pembangunan nasional,” katanya. (*)

Sumber: https://www.genpi.co/berita/138625/pemerintah-siapkan-rencana-mengatasi-perubahan-iklim

No comments:

Post a Comment

What is Solar Power?

  Apa itu sel surya, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tenaga surya - dan pelajari bagaimana sumb...