Thursday, September 16, 2021

Pengamat Lingkungan: Perubahan Iklim Salah Satu Penyebab Banjir di Kalteng

    

Kondisi banjir di Jalan Arut dekat Sungai Kahayan Palangka Raya

 

Ahli Bidang Kehutanan dan Lingkungan Universitas Palangka Raya, Hendrik Segah menilai, perubahan iklim memiliki peran dalam musibah banjir yang melanda beberapa wilayah di Kalteng.

"Penyebab bencana banjir yang telah melanda sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam beberapa pekan terakhir, salah satunya adalah perubahan iklim yang terjadi secara global," sebut Hendrik.

Menurut dia, seharusnya bulan Juni-Agustus Kalteng mengalami musim kemarau, karena angin yang berhembus dari Australia memiliki sifat kering atau tidak banyak mengandung air hujan. 

"Tetapi yang terjadi saat ini justrus sebaliknya. Hal ini bisa terjadi karena terjadinya perubahan iklim secara global,” tambahnya.

Hendrik mengatakan, perubahan iklim yang akhirnya memicu curah hujan yang tinggi, akhirnya berdampak dengan terjadinya banjir disejumlah daerah. Hal itu merupakan akibat, tidak mampunya alam di Kalteng beradaptasi dengan perubahan iklim yang saat ini terjadi.

“Saya tidak berani menyebut bencana ini terjadi karena rusaknya alam kita, karena fenomena perubahan iklim terjadi secara luas, sehingga tidak bisa hanya melihat Kalteng, atau bahkan Indonesia melainkan dunia," tuturnya.

Hal itu, lanjutnya, terlihat dari banjir yang tidak hanya melanda Kalteng, tetapi juga di Samarinda dan daerah lain juga, bahkan sampai di Singapura dan Amerika turut mengalami hal yang sama. (HERMAWAN DP/B-7)

Sumber: https://www.borneonews.co.id/berita/235304-pengamat-lingkungan-perubahan-iklim-salah-satu-penyebab-banjir-di-kalteng

No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...