Thursday, September 30, 2021

Pengembang Terus Dorong Konsep Green-Sustainability

 

Bangunan merupakan salah satu unsur yang mengonsumsi energi paling besar. Karena itu berbagai upaya penghematan dan konsep green pada bangunan untuk  efisiensi harus terus didukung. Salah satu gedung perkantoran SML menerapkan konsep green-sustainability dan kerap meraih penghargaan gedung hijau.

Konsep green untuk bangunan yang lebih sehat dan penggunaan energi yang minimal terus didorong. Pengembang Sinar Mas Land (SML) merupakan salah satu perusahaan developer yang terus mendorong efisiensi itu di setiap bangunan maupun pengembangan berbagai proyeknya.

Menurut Managing Director President Office SML Dhony Rahajoe, sebagai pengembang SML selalu berupaya dan menerapkan komitmen untuk menciptakan pembangunan yang berwawasan lingkungan, menerapkan konsep green, dan berkelanjutan sesuai dengan visi sustainability perusahaan.

“Salah satu upaya yang terus kami dorong untuk penerapan visi sustainability antara lain diimplementasikan melalui penerapan double glass pada bangunan untuk mengurangi panas yang masuk ke dalam ruangan hingga penerapan recycle water treatment seperti yang diterapkan di Gedung Green Office Park 1,” ujarnya.

Berbagai upaya ini juga akhirnya membuat SML kembali meraih penghargaan di tingkat nasional untuk Juara 1 Pengharagaan Subroto di Bidang Efisiensi Energi (PSBE) 2021 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam katergori Gedung Baru untuk proyek Green Office Park 1. Gedung ini berhasil meraih kategori terbaik dari 177 proyek properti terbai dari seluruh Indonesia.

PSBE merupakan ajang bergengsi di bidang penghematan energi tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian ESDM sejak tahun 2012 lalu. Gedung Green Office Park 1 ini berhasil menyisihkan finalis lain seperti Gedung Telkom Landmark Tower 2 dan Gedung Menara Astra.

Gedung Green Office Park 1 sendiri merupakan gedung perkantoran di kawasan BSD Green Office Park, BSD City, Tangerang, Banten yang kerap mendapatkan penghargaan gedung hijau sejak tahun 2013. Beberapa diantaranya yaitu sertifikasi Gold Green District dari Building Construction Authority (BCA).

Beberapa penerapan desain yang ikonik khususnya penerapan konsep green-nya antara lain desain unit berupa atrium semi terbuka pada pusat bangunan. Green Office Park juga memiliki area green garden dan green roof pada atap bangunan yang bisa menurunkan penurunan suhu dalam bangunan.

Green Office Park juga dilengkapi  denngan berbagai fitur hemat energi lainnya seperti unit pendingin berupa chiller VSD, daylight sensor dan motion sensor pada lampu, double glass facade, building automation system untuk mengontrol dan memantau penggunaan energi bangunan, dan sebagainya.

“Gedung Green Office Park juga dikenal sebagai Gedung Traveloka Campus dan telah tersertifikasi sebagai bangunan hijau dari Green Building Council Indonesiia (GBCI) dengan peringkat Gold. Berbagai penghargaan ini juga telah memotivasi kami untuk terus berusaha meningkatkan kinerja penerapan efsiensi dan konservasi energi pada pembangunan sejumlah proyek perusahaan ke depan,” beber Dhony.

Sumber: https://www.rumah.com/berita-properti/2021/9/201328/pengembang-terus-dorong-konsep-green-sustainability

No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...