Friday, October 1, 2021

Bisakah Perubahan Iklim Membuat Manusia Punah?

 

Ilustrasi perubahan iklim(SHUTTERSTOCK/Piyaset)

Ilmuwan terus memperingatkan, mengabaikan perubahan iklim dapat berdampak pada penderitaan yang tak terhitung bagi umat manusia.

Beberapa yang terlihat adalah suhu yang makin memanas, badai yang lebih kuat, banjir yang semakin intensif, dan musim kebakaran yang lebih lama dan lebih parah.

Lalu muncul pertanyaan baru: jika keadaan itu menjadi jauh lebih buruk, dapatkah perubahan iklim membuat manusia punah?

Untuk hal itu ada optimisme dari Michael Mann, profesor terkemuka ilmu atmosfer di Penn State. Ia menyebut bahwa perubahan iklim tak mungkin menyebabkan kepunahan manusia.

"Tak ada bukti skenario, perubahan iklim yang akan membuat manusia punah," katanya, seperti dikutip dari Live Science, Rabu (29/9/2021).

Meski begitu ada kemungkinan bahwa perubahan iklim masih tetap akan mengancam kehidupan ratusan juta orang, seperti menyebabkan kelangkaan makanan dan air, yang berpotensi memicu keruntuhan masyarakat dan memicu konflik global.

Pemanasan planet ini berdampak negatif pada produksi pangan, termasuk meningkatkan defisit air yang dapat mengurangi panen.

Hal tersebut menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Climatic Change bisa meningkatkan kematian manusia dan mendorong kerugian ekonomi serta ketidaksatabilan sosial-politik.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Luke Kemp, peneliti dari Pusat Studi Risiko Eksistensial di Universitas Cambridge di Inggris.

Ia menyebut skenario yang perlu dipertimbangkan adalah konflik yang didorong oleh perubahan iklim.

Kemp menjelaskan bahwa di masa depan, kelangkaan sumber daya yang berkurang karena perubahan iklim berpotensi menciptakan kondisi perang yang mengancam umat manusia.

Dengan kata lain, dampak perubahan iklim mungkin tak secara langsung menyebabkan manusia punah, tetapi dapat memicu peristiwa yang secara serius membayakan kehidupan manusia.

Ambil contoh saja, studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances tahun 2019 lalu menemukan bahwa konflik nuklir antara India dan Pakistan, dapat membunuh 50 juta hingga 125 juta orang di kedua negera itu.

"Ada alasan untuk khawatir bahwa ketika sumber daya air mengering dan kelangkaan menjadi lebih buruk dan kondisi umum kehidupan saat ini menjadi jauh lebih buruk, lalu tiba-tiba, ancaman potensi perang nuklir menjadi jauh lebih tinggi," kata Kemp.

Meski begitu tetap ada harapan dari semua gambaran penderitaan umat manusia itu. Para ahli mengatakan belum terlambat untuk menghindari skenario terburuk tersebut dengan secara signifikan mengurangi emisi gas rumah kaca.

"Jika kita berani bertindak sekarang, kita dapat menghindari dampak buruk itu," tegas Mann.

Jadi apakah Homo sapiens ini akan menggunakan berbagai sumber daya dan kecerdasannya untuk menghadapi problem ini?

Sumber: https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/30/130200723/bisakah-perubahan-iklim-membuat-manusia-punah?page=all

No comments:

Post a Comment

What is Solar Power?

  Apa itu sel surya, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tenaga surya - dan pelajari bagaimana sumb...