Monday, October 4, 2021

CARA KERJA PANEL SURYA TANPA BATERAI (SISTEM ON GRID) | PLTS SISTEM ON GRID | SHAMS ENERGY

 CARA KERJA PANEL SURYA TANPA BATERAI (SISTEM ON GRID) | PLTS SISTEM ON GRID | SHAMS ENERGY



Panel surya  sistem on-grid adalah sistem tenaga surya yang menggunakan rangkaian modul surya untuk menghasilkan listrik dari matahari. energi tenaga surya sistem on-grid ini tetap terhubung dengan jaringan PLN yang mengoptimalkan energi dari panel surya untuk menghasilkan energi listrik secara maksimal.

Cara kerja sistem on-grid adalah panel surya mengubah sinar matahari menjadi arus listrik searah, yaitu Direct Current (DC). Arus ini kemudian dikirim ke inverter. Inverter surya kemudian mengubah DC menjadi arus listrik bolak-balik Alternating Current (AC), kemudian menyalurkan arus tersebut ke berbagai perangkat elektronik di rumah. Listrik ini kemudian dialihkan ke jaringan untuk penggunaan sehari-hari.

Ketika panel surya menghasilkan energi listrik yang berlebih dari kebutuhan harian kita, kelebihan listrik tersebut akan dikirim otomatis ke jaringan PLN. Saat malam hari ketika kebutuhan beban tinggi dan panel surya tidak bekerja optimal, secara otomatis, listrik yang berasal dari jaringan PLN akan digunakan.

Inverter string berfungsi untuk mengatur aliran listrik, sehingga daya dari panel surya selalu menjadi prioritas daripada listrik dari jaringan PLN. Hanya saja sistem on-grid tidak akan berfungsi jika terjadi pemadaman listrik dari jaringan PLN.

No comments:

Post a Comment

What is Solar Power?

  Apa itu sel surya, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tenaga surya - dan pelajari bagaimana sumb...