Friday, October 1, 2021

Cara Menghemat Listrik, Agar Tagihan Tidak Membengkak

 

Cara menghemat listrik agar tagihan tak membengkak. Foto: Shutterstock



Jakarta: Menghemat listrik di rumah bisa dilakukan dengan menggunakan barang elektonik secara bijak. Dengan penggunaan yang tepat, maka tagihan listrik akan berkurang.
 
Beberapa peralatan elektronik menggunakan daya listrik yang cukup besar. Maka, efisiensi pemakaian benda elektronik rumah tangga akan membantu menghemat listrik dan mengurangi tagihan.
 
Selain itu, tips hemat listrik lainnya adalah dengan menyambung daya listrik PLN sesuai kebutuhan dan emilih peralatan yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Tips lainnya yang tak kalah penting adalah dengan menyalakan alat-alat listrik hanya saat diperlukan. Berikut ini beberapa barang elektronik dengan penggunaan daya cukup besar.

1. Microwave dan kompor listrik

Cara menghemat listrik agar tagihan tak membengkak. Foto: Shutterstock



Daya listrik yang digunakan microwave dan kompor listrik adalah berkisar di atas 800 hingga 2.000 watt. Maka tak dipungkiri jika penggunaan kedua alat tersebut membuat tagihan listrik bengkak. Untuk menghemat listrik, gunakan microwave saat benar-benar mendesak.

2. Kulkas

Kulkas memiliki banyak fungsi untuk menyimpan berbagai kebutuhan rumah tangga. Maka tak heran keberadaan lemari pendingin itu sangat dibutuhkan.
 
Di balik fungsinya tersebut, kita harus bijak menggunakan kulkas. Sehingga barang tersebut tidak menyedot energi listrik terlalu banyak.
 
Berikut beberapa tindakan agar penggunaan kulkas tidak menyedot listrik, yaitu jangan terlalu sering membuka pintu kulkas, jangan mengabaikan penumpukan es dan memilih kulkas yang memiliki peringkat energi yang baik.

3. Pengering Pakaian


Cara menghemat listrik agar tagihan tak membengkak. Foto: Shutterstock

Bagi pengguna mesin cuci yang dilengkapi teknologi pengering pakaian, sangat wajar jika tagihan listrik membengkak saat musim hujan. Sebab, pengering pakaian menyedot energi listrik cukup banyak.
 
Agar tidak membebani pengeluaran, maka pastikan mesin cuci yang digunakan memiliki siklus putaran yang cukup baik. Sehingga, dapat mengalirkan air sebanyak mungkin saat pengeringan.

4. Lampu


Cara menghemat listrik agar tagihan tak membengkak. Foto: Shutterstock

Kebanyakan orang lalai menggunakan lampu. Meski diklaim menggunakan produk hemat energi, hal itu akan sia-sia jika dibiarkan hidup sepanjang hari atau tidak bijak menggunakan lampu. Maka, pastikan penggunaan lampu pada saat dibutuhkan.

5. Setrika

Setrika merupakan alat elektronik yang boros, dayanya hampir 300 watt dalam satu kali pencolokan. Untuk itu, banyak orang kerap mematikan beberapa alat eletronik apabila berniat setrika pakaian.
 
Anda sebaiknya menyetrika pakaian dalam jumlah yang besar namun dengan intensitas pemakaian yang jarang agar menghemat listrik dan mengurangi tagihan.

6. Air Conditioner (AC)


Cara menghemat listrik agar tagihan tak membengkak. Foto: Shutterstock

Di kota-kota dengan cuaca panas, penggunaan AC jadi hal yang biasa. Bahkan tak jarang AC digunakan terus menerus. Hal tersebut yang membuat tagihan listrik tiap bulan melonjak tinggi.
 
Selain itu, menyalakan AC dengan suhu dibawah 20 derajat justru membuat tagihan listrik semakin tinggi. Maka, untuk menghemat listrik gunakan AC dengan bijak atau buka jendela dan pintu rumah untuk menurunkan suhu di rumah.

Sumber: https://www.medcom.id/properti/tips-properti/ob3ePvyK-cara-menghemat-listrik-agar-tagihan-tidak-membengkak

No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...