Friday, October 22, 2021

Future Workers: Tenaga IT Masa Depan




Teknologi informasi atau yang kita kenal dengan sebutan Information  Technology (IT) adalah suatu hal apapun yang berkaitan dengan peranan teknologi dalam membantu kehidupan manusia untuk menjadi lebih mudah. APTIKNAS adalah salah satu pengusaha Teknologi Informasi dan komunikasi nasional.

APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi & Komunikasi Nasional) adalah bentuk organisasi baru yang merupakan transformasi dari asosiasi sebelumnya bernama APKOMINDO yang didirikan sejak tahun 1991 (30 tahun lalu). Saat ini APTIKNAS memiliki 29 DPD dari Aceh hinga Papua dengan 2.000 anggota.

Seperti yang kita ketahui kita membutuhkan Transformasi Digital, dan Presiden menginstruksikan percepatan transformasi digital, bahwa di masa pandemi Covid-19 mengubah cara kerja , beraktifitas, cara belajar, hingga cara bertransaksi yang dari sebelumnya secara offline/tatap muka ke sekarang yang secara online.

Di dalam transformasi digital ini juga ada IT services seperti Human Cloud yang secara umum adalah tenaga kerja yang yang berkerja  secara remote, yang dimana tenaga kerja ini bisa melakukan pekerjaan IT, Programmer, design, dll. Arti dari Human Cloud sendiri adalah industri teknologi yang menggambarkan platform tenaga kerja dan staff online/digital. Platform ini tidak hanya membantu pekerja menemukan pekerjaan, tetapi mereka juga membantu manajemen dan optimisme tenaga kerja.

APTIKNAS dan JASACONNECT bekerjasama dan membuat Aplikasi APPTIKNAS Superapp, aplikasi ini dibuat dengan tujuan mempamerkan member dan membantu untuk menjual jasa -  jasa yang ditawarkan oleh member ke para partner. Dengan sistem ini, maka semua order akan melalui aplikasi ini sehingga akan lebih mudah untuk memasarkan aplikasi ini.

Pada acara kali ini ada 3 pembicara, yaitu
1. Bapak Ravi Melwani sebagai CEO JasaConnect, yang membahas mengenai Human Cloud

2. Bapak Fanky Christian sebagai Ketua DPD APTIKNAS DKI Jakarta, membahas tentang Kebutuhan SDM Industri IT Indonesia

3. Bapak Ir. Soegiharto Santoso sebagai Ketua Umum APTIKNAS, membahasa mengenai Tenaga IT Masa Depan hingga apa itu APTIKNAS

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=HT9YyirbB6k

No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...