Tuesday, November 23, 2021

Cara Kerja Panel Listrik Tenaga Surya

 


Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic. Photovoltaic berasal dari kata photo yang berarti cahaya dan voltaic yang berarti listrik .

Pemanfaatan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bisa menjadi solusi dalam menghadapi ancaman krisis energi listrik. Sistem pembangkit listrik yang menggunakan panel surya menjadi sumber energi yang ramah lingkungan. Sistem ini juga diminati karena sinar matahari mudah didapatkan di Indonesia yang merupakan daerah tropis.

Secara umum setiap pembangkit listrik tenaga surya terdiri dari beberapa komponen berikut:

Yang pertama adalah panel surya yang berfungsi mengubah sinar matahari menjadi listrik. Listrik yang dihasilkan panel surya ini masih memiliki arus searah atau DC. Yang kedua adalah Solar Charge controller alat ini berfungsi untuk mengatur dan menstabilkan tegangan listrik yang dihasilkan oleh panel surya. Energi listrik dari Controller ini terbagi dua yaitu menuju peralatan rumah tangga yang menggunakan arus searah atau DC dan menuju ke baterai untuk disimpan.

Yang ketiga adalah Baterai atau accu yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Baterai ini juga berguna untuk penggunaan energi listrik pada saat tidak ada sinar matahari misalnya saja saat malam hari. Baterai juga digunakan untuk mengumpulkan energi listrik searah dari panel surya sebelum diubah menjadi arus bolak-balik oleh inverter.

Yang keempat adalah Inverter AC / DC adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah arus DC dari baterai menjadi arus AC. Inverter ini digunakan karena pada umumnya peralatan rumah tangga menggunakan arus AC.  Setelah dari inverter ini arus listrik siap untuk digunakan pada peralatan listrik seperti lampu dan televisi. Yang kelima Peralatan lainnya seperti kabel, koneksi, bracket, dan lain lain Energi listrik yang dhasilkan oleh panel surya biasanya akan digunakan langsung  untuk menyalakan peralatan rumah tangga dan ada yang masuk menuju baterai untuk disimpan.

No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...