Monday, November 15, 2021

FUEL CELL HYDROGEN pengganti mesin Bensin & Diesel

 


FUEL CELL HYDROGEN

Perkembangan industri otomotif dunia menuju terciptanya mobil canggih yang bebas polusi. Salah satu teknologi alternatif kendaraan yang paling populer adalah mobil bertenaga listrik atau Electric Vehicle (EV) dan mobil berbahan bakar hidrogen atau Fuel Cell Vehicle (FCV). Dimana keduanya sama-sama mengandalkan motor listrik sebagai penggeraknya. Sehingga FCV disebut juga sebagai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) dan saat ini EV dan FCV sudah dikembangakan oleh Toyota, Hyundai, GMC, Tesla, BMW dan Mercedes Benz.

Sebuah FCV mengandalkan fuel cell untuk menyuplai kebutuhan listrik perangkat motor listriknya (dalam teknologi konvensial fuel cell ibaratnya sama seperti mesin bensin dan diesel). Sehingga FCV tidak memerlukan proses charging untuk mengisi kembali baterainya seperti yang terjadi pada EV. Namun, FCV membutuhkan SPBU untuk pengisian ulang hidrogennya.

Bagaimana Prinsip kerja fuel cell, secara sederhana hidrogen yang tersimpan pada tangki dialirkan dan direaksikan dengan oksigen dari udara pada unit fuel cell. Perangkat inilah yang mengubah hidrogen dan oksigen menjadi uap air dan listrik.

No comments:

Post a Comment

What is Solar Power?

  Apa itu sel surya, dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang tenaga surya - dan pelajari bagaimana sumb...