Thursday, November 18, 2021

Keuntungan dan Manfaat Panel Surya

 


Begitu banyak manfaat dari panel surya dan Energi matahari serta kelebihan dan kekurangan panel surya, begitu juga dengan cara kerja dan cara pasang serta keuntungan dan kerugian solar panel. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan manfaat panel surya.

1. Matahari adalah Energi Terbarukan

Keuntungan Yang paling utama adalah bahwa tenaga surya adalah sumber energi yang benar-benar terbarukan. Ini dapat dimanfaatkan di semua wilayah di dunia dan tersedia setiap hari. Kita tidak akan kehabisan tenaga surya, dibandingkan dengan beberapa sumber energi lainnya. Dan energi surya juga gratis.

2. Mengurangi Tagihan Listrik

Anda dapat menghemat listrik dengan menggunakan panel surya. Berapa banyak Anda menghemat tagihan listrik akan tergantung pada ukuran sistem panel surya yang dipasang dan penggunaan listrik Anda. Biasanya bisa sampai 30 sampai 50% setiap bulan. Selain itu, Anda tidak hanya akan menghemat tagihan listrik, tetapi ada juga kemungkinan untuk menjual kelebihan energi listrik yang dihasilkan dengan cara mengekspor listrik ke jaringan PLN .

3. Beragam Pilihan

Tenaga surya dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Anda dapat menghasilkan energi listrik atau energi panas. Tenaga surya dapat digunakan untuk menghasilkan listrik di daerah-daerah tanpa akses listrik , untuk menyaring air di daerah-daerah dengan pasokan air bersih yang terbatas dan untuk menyalakan satelit di ruang angkasa.

4. Biaya Perawatan Rendah

Sistem tenaga surya umumnya tidak membutuhkan banyak perawatan. Anda hanya perlu menjaganya tetap bersih, jadi hanya membersihkannya beberapa kali per tahun untuk perawatan. Sebagian besar produsen panel surya menawarkan garansi 20-25 tahun. Karena tidak ada bagian yang bergerak, jadi tidak ada keausan. Inverter biasanya satu-satunya bagian yang perlu diganti setelah 5-10 tahun karena terus bekerja untuk mengubah tenaga surya menjadi listrik dan panas. Selain dari inverter, kabel juga perlu perawatan untuk memastikan sistem tenaga surya Anda berjalan pada efisiensi maksimum. Jadi, hanya sedikit pengeluaran untuk pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan.

5. Pengembangan Teknologi

Teknologi dalam industri tenaga surya terus maju dan perbaikan terus dilakukan dan akan diintensifkan di masa depan. Inovasi dalam fisika kuantum dan nanoteknologi berpotensi meningkatkan efektivitas panel surya dan menggandakan, atau bahkan dapat menghasilkan daya listrik tiga kali lipat dari sistem tenaga surya.

6. Membantu lingkungan

Solar adalah cara yang bagus untuk mengurangi jejak karbon Anda. Bangunan bertanggung jawab atas 38 persen dari semua emisi karbon di dunia, dan penggunaan panel surya dapat secara signifikan mengurangi jumlah itu. Sistem panel surya perumahan akan menghilangkan tiga hingga empat ton emisi karbon setiap tahun atau setara dengan menanam lebih dari 100 pohon per tahun.

No comments:

Post a Comment

What is ESG? | Environmental, Social, and Governance

  Investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah filosofi investasi di mana standar tanggung jawab sosial dipertimbangkan ketik...